..
Gunung Agung Meletus, Lontoran Lava Pijar Hingga 1 Km
Gunung Agung mengeluarkan lava pijar/ist

Gunung Agung Meletus, Lontoran Lava Pijar Hingga 1 Km

Suksesinews.net, Karangasem - Gunung Agung dengan ketinggian 3142 meter dari permukaan laut (mdpl) kembali terjadi erupsi disertai lontaran lava pijar.

Letusan ini terpantau PVMBG di Pos Pengamatan Gunungapi Agung pada pukul 02.45 Wita, Sabtu (19/1) dini hari. Erupsi ini terekam di seismigram dengan amplitudo maksimum 23 mm.

"Kolom abu tidak teramati saat terjadi erupsi karena tertutup kabut," catat petugas PVMBG di
Pos Pengamatan Gunungapi, I Nengah Wardana dan Wahyu Ardi Setiawan, di desa Rendang Karangasem.

Namun secara visual terekam Gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 700 m di atas puncak kawah.

Bahkan sempat terekam letusan dengan tinggi 700 m dan warna asap kelabu. "Teramati lontaran lava pijar dengan jangkauan terjauh ke arah Timur sejauh kurang lebih hingga 1 km dari bibir kawah," tulisnya.

Hingga saat ini tingkat Aktivitas Gunung yang terletak di ujung timur pulau Bali ini masih berada pada Level III (Siaga). Tetap diingatkan agar bagi masyarakat tifak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.

Diimbau, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. Ari/suksesinews

Sebelumnya Tinjau Kediaman Warga Miskin, Michael Menangis
Selanjutnya 23 THL Grand New Watudodol Mogok Kerja