..
Gakkumdu : Laporan Politik Uang di Kelurahan Panderejo Tak Memenuhi Unsur
Dokumen : Tiga Emak - emak yang diajukan sebagai saksi atas dugaan politik uang di Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi.

Gakkumdu : Laporan Politik Uang di Kelurahan Panderejo Tak Memenuhi Unsur

BANYUWANGI - Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, menyatakan tiga laporan dugaan politik uang yang masuk telah ditangani. Satu perkara dinyatakan tidak memenuhi unsur untuk dilanjutkan. Sementara dua laporan lagi masih dalam proses.

"Satu perkara yang tak bisa dilanjutkan adalah TKP Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi. Hasil penanganan tahap dua diputuskan tidak memenuhi unsur oleh Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu)," jelasnya, Kamis (9/5/2019).

Untuk dua perkara lain, yakni terjadi di Kelurahan Mandar, Kecamatan Banyuwangi dan Desa/Kecamatan Kalipuro. Di dua wilayah ini perkaranya masih dalam proses penanganan tahap pertama.

"Di Kelurahan Mandar dan Kalipuro masih dalam proses," tambahnya.

Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale, menguatkan keterangan ketua Bawaslu. Dari pengembangan yang dilakukan tidak ditemukan faktor keterlibatan orang yang punya kepentingan dalam pemilu.

"Tidak diteruskan ke tingkat penyidikan karena tidak memenuhi unsur," ungkap Yansen.

Alasan lain yang mendorong Gakkumdu tidak melanjutkan laporan money politic tersebut juga didasari keterangan para saksi yang diajukan oleh pelapor. Menurut Yansen, keterangan para saksi yang diajukan pelapor justru melemahkan laporan.

"Kasus ini tidak bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya," tukasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya TPID Badung Gelar High Level Meeting Bahas Pengendalian Inflasi Jelang Idul Fitri, Galungan dan Kuningan
Selanjutnya Keluar dari LP, Haryanto Dituntut 12 tahun Akibat Jadi Kurir