..
Ditengah Ramai Pemedek ke Besakih, Gunung Agung Erupsi

Ditengah Ramai Pemedek ke Besakih, Gunung Agung Erupsi

Suksesinews.net, Karangasem - Saat mebludak umat yang sembahyang ke Pura Besakih, pada pukul 08.03 Wita gunung Agung menunjukkan angkaranya. Selnjutnya pada pukul 10.30 Wita, kembali mengepulkan asap gelap.

Erupsi yang terjadi pagi tadi sebanyak dua kali teramati dari Pos Pantau gunung api agung di Rendang Karangasem, Minggu (17/3). Pada erupsi pertama tinggi kolom abu teramati ± 500 meter di atas puncak (± 3.642 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi ±  39 detik," Tulis petugas pos pantau.

Pun demikian dipastikan hingga saat ini level gunung tertinggi di Bali ini masih berada pada status siaga. Masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak ada aktivitas dalam radius 4 km dari areal puncak kawah.

Dilaporkan Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin berdasarkan laporan komunikasi dengan Semua jejaring dan Petugas di lapangan, terutama Pasebaya di 28 Desa Lingkar Gunung Agung menyenutkan sampai saat ini belum ada laporan daerah yang terpapar hujan abu.

Pada areal Pura Agung Besakih, kondisi ramai pemedek. Terkait hal ini telah menyiagakan POSKO TERPADU yang melakukan pelayanan Kedaruratan kepada pemedek (umat) termasuk bersinergi dengan Perkumpulan Bengkel Mobil Bali (PBMB) yang memberikan layanan servis gratis.

BPBD Prov Bali menghimbau kepada seluruh masyarakat (krama Bali) agar tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan serta tetap lakukan aktivitas seperti biasa, ikuti arahan petugas dan hanya percaya pada informasi resmi dari Pemerintah. Ary/suksesinews

Sebelumnya Libatkan Lima Sasana Tinju di Walikota Cup X
Selanjutnya Tersangka Perusakan APK Banyu Biru Djarot Diserahkan ke Kejari