..
Diduga Menyelewenkan Bansos 5 Pura di Nusa Penida, Warga Datangi Kejati Bali

Diduga Menyelewenkan Bansos 5 Pura di Nusa Penida, Warga Datangi Kejati Bali

Suksesinews.net, Denpasar - Seorang warga Nusa Penida bernama I Wayan Muka Udiana mendatangi Kejakasaan Tinggi Bali pada Selasa (5/3). Dia melaporkan dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) yang digunakan untuk renovasi dan pembangunan lima pura.

"Hari ini saya sampaikan sebuah temuan di Nusa Penida tentang penyalahgunaan dana bansos dari Klungkung yang ditujukan untuk membangun lima titik pura," kata Udiana.

Dana ini kata dia sudah cair ke masyarakat, namun setelah di lapangan, ada pura yang seharusnya dibangun namun tempatnya berbeda. "Bukan pura yang masuk dalam proposal yang ditunjukkan hasil pembangunannya," imbuhnya. Itu berarti kata dia, dana itu salah penggunaannya. "Karena puranya sudah jadi, kemudian ditunjuk tapi dalam permohonan proposal itu pura lain yang sampai saat ini belum ada pembangunannya," paparnya.

Kemudian temuan lain adalah pura yang sudah dapat bantuan, waktunya sudah lewat namun pura belum dibuat sampai saat ini. "Dalam waktu 15 hari sangat tidak mungkin bisa membangun dan menyelesaikan pura," jelasnya.

Dana yang digunakan menurut dia juga cukup besar. "Ada yang Rp 36 juta, Rp 100 juta dan ada Rp 700 juta, itu yang ingin saya sampaikan dan laporkan ke Kejati agar ditindaklanjuti" terangnya.

Laporan ini lantaran masih banyak yang membutuhkan bantuan di Nusa Penida, namun banyak juga yang belum dapat. "Tapi di satu sisi yang dapat bantuan tidak digunakan dengan baik," ulasnya.

Pihaknya berharap ada pemeriksaan yang baik sesuai hukum yang berlaku atas laporannya. Ari/suksesinews

 

Sebelumnya Bawaslu : Punjul Ismuwardoyo Dilarang Kampanye Sepekan
Selanjutnya Dituding Selewengkan Hibah, Ketua DPRD Klungkung Bakal Lapor Balik