..
12 Ribu Kendaraan Balik ke Bali, Pelabuhan Ketapang Padat
Sabtu (8/6/2019) dini hari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dipadati kendaraan yang balik ke Bali.

12 Ribu Kendaraan Balik ke Bali, Pelabuhan Ketapang Padat

BANYUWANGI - Ribuan kendaraan mulai mengalir kembali menuju Pulau Bali. Siang hingga malam halaman parkir Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, dipenuhi roda dua maupun empat yang mengantre menunggu kapal sandar di dermaga.

Setiap kapal terpantau sesak dipadati kendaraan pemudik dari berbagai daerah yang akan kembali ke perantauan. Dari data Posko Lebaran ASDP Ketapang, sejak sehari setelah lebaran hingga saat ini sudah 8 ribu lebih kendaraan roda empat yang kembali ke Bali.

Untuk roda dua lebih dari 4 ribu unit serta penumpang orang sekitar 55 ribu yang telah diseberangkan ke Gilimanuk, Jembrana, Bali. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat mengingat pada Senin (10/6/2019) para pemudik harus kembali bekerja.

Selain karena sudah memasuki dunia kerja, para pemudik ini memilih kembali lebih awal untuk menghindari macet di perjalanan. Malam hari masih menjadi pilihan agar terhindar dari panas matahari di siang hari.

"Kalau malam perjalanan lebih santai. Senin sudah mulai kerja, jadi kami memilih pulang lebih awal,” kata Yanu, pemudik asal Surabaya yang mengendarai vespa.

Menghadapi kepadatan kendaraan di arus balik ini pihak ASDP Ketapang telah mengoperasikan 10 loket tambahan. Menurut GM PT ASDP Ketapang, Fahmi Alweni, fasilitas tenda khusus pemotor pun dibangun agar penumpang terhindar dari panas saat mengantre di halaman parkir pelabuhan.

“Tambahan loket ini dilakukan agar antrean kendaraan yang biasa terjadi di depan loket Pelabuhan Ketapang bisa terurai dan kendaraan bisa segera masuk ke dalam pelabuhan. Kita juga menyiagakan kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Jawa ke Bali,” kata Fahmi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Turun dari Kapal, Penumpang di Pelabuhan Benoa Langsung Disidak
Selanjutnya Puncak Arus Balik Usai Lebaran Ketupat